Kamis, 28 April 2011

Buku Paling Tebal Sedunia 5000 Halaman

Apa buku paling tebal di dunia? Mungkin selama ini yang Anda kenal adalah buku pintar semacam Encyclopedia Britannica. Tapi rekornya telah terpecahkan dengan diterbitkannya buku Wikipedia setebal 5 ribu halaman! Ketebalan buku Wikipedia ini setinggi lutut orang dewasa, atau sama dengan 952 volume Encyclopedia Britannica.



Kebanyakan dari kita biasanya malas membaca buku yang tebalnya lebih dari 100 halaman, apalagi kalau gak ada gambarnya, wuih.. malah bikin tambah males. Lantas bagaimana jika membaca buku setebal 5000 halaman?
Pembuatnya adalah seorang pemuda 22 tahun, Rob Matthews, mahasiswa jurusan desain. Tentu saja tidak semua artikel dari situs Wikipedia dimasukkan ke dalam buku ini. Dia hanya memilih sebanyak 437 featured artikel dari total 3 juta artikel yang di onlinekan di Wikipedia versi bahasa Inggris.
Namun tunggu dulu, ternyata Rob hanya mencetak 0.01% dari seluruh isi Wikipedia!!! Tujuannya agar orang yang ingin membaca Wikipedia secara offline dapat membeli buku ini. Jadi silahkan anda hitung sendiri berapa halaman yang diperlukan untuk membukukan seluruh artikel di Wikipedia!!
Gampang saja cara menghitungnya:
1 buku 5000 halaman setinggu 47.5 cm berisi 0.01%, jadi kalau seluruh isi Wikipedia membutuhkan 10.000 buah buku yang seperti itu! Busyeet..


Praktis saat ini Wikipedia bisa dibilang sebagai sumber ilmu pengetahuan terlengkap di dunia maya, dan memiliki versi dalam beragam bahasa termasuk Wikipedia versi bahasa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post